Rabu, 28 September 2011

BAB IV

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Deskripsi Singkat Lokasi Penelitian
1. Letak Geografis
Letak geografis yang dimaksud adalah daerah atau tempat dimana MTs. Tholabuddin Masin berada dan melakukan kegiatan belajar mengajar sebagai lembaga pendidikan formal.
MTs Tholabuddin Masin menempati tanah dan gedung milik sendiri seluas 4.930 m² yang terletak di Kabupaten Batang, tepatnya di desa Masin kecamatan Warungasem. Jaraknya dari Kabupaten Batang kurang lebih 7 km dengan kondisi jalan yang bagus. Sedangkan kecamatan Warungasem berada di sebelah timur berbatasan dengan Kota Pekalongan tepatnya dengaan kecamatan Kuripan Kidul. Di kecamatan Warungasem ini terdapat lima sekolah lanjutan yaitu dua MTs (MTs Tholabuddin dan MTs Wahid Hasyim) dan tiga SMP(SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 3 Warungasem). MTs. Tholabuddin terletak di dekat jalan raya Pekalongan- Bandar, sehingga mudah dijangkau oleh siswa. MTs. Tholabuddin memiliki bangunan sendiri yang terdiri dari:
a. Lima belas lokal dipakai untuk kelas (VII, VIII dan IX).
b. Satu lokal untuk ruang guru (kantor).
c. Satu lokal untuk perpustakaan.
d. Satu lokal untuk lab IPA
e. Satu lokal untuk lab komputer
f. Satu lokal untuk ruang OSIS
g. Satu lokal untuk ruang UKS
h. Satu lokal untuk gudang
i. Satu lokal untuk masjid
MTs. Tholabuddin Masin dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mempunyai visi dan misi sebagai berikut:
Visi:
Beriman, Berilmu, dan Beramal menuju Manusia yang Bertaqwa dan Sejahtera.
Misi:
a. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dinilai.
b. Menumbuhkan semangat peningkatan secara intensip kepada seluruh warga sekolah.
c. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk rajin baca Al quran dan beribadah kepada Allah, utamanya sholat lima waktu.
d. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran Islam dan juga budaya bangsa yang sesuai dengan ajaran sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
e. Melaksanakan pemberian materi pembuatan ikat pinggang, tas, sepatu, sandal kepada anak-anak didik dengan teori maupun praktek secara teratur diluar jam pelajaran.
2. Sejarah Singkat Sekolah
Pembentukan Yayasan Tholabuddin Masin berawal dari keinginan untuk membangun Madrasah Tsanawiyah yang kemudian berhasil didirikan pada tahun 1967. Adapun para pendirinya adalah:
a. Ky. Muhtadi Mahfudz
b. Ky. Abdul Wahab Siroj
c. Ky. Miftah Mahfudz
d. H. Sofwan
e. H. Abdul Aziz (Wawancara dengan TU, 15/02/2010)
Baru pada tanggal 31 Oktober 2001, MTs. Thoalbuddin Masin statusnya Disamakan berdasaarkan keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Wilayah Jawa Tengah dengan No: Mk./5a/PP.00/5844.a/2001.
Sejalan dengan bertambahnya usia, maka untuk meningkatkan proses belajar mengajat di MTs. Tholabuddin Masin dilakukan usaha penambahan gedung baru dengan adanya dana bantuan dari pemerinyah dan swadaya masyarakat, sehingga pada tahun 2007-2008 sudah terdapat 26 ruang.
Sejak berdirinya sampai sekarang MTs. Thoalbuddin Masin telah mengalami pergantian kepala sekolah sebanyak 3 kali, diantara mereka yang pernah menjadi kepala sekolah antara lain:
a. Bapak H. Zaini,BA (1972-2006)
b. Bapak H. Mufti (2006-2007)
c. Bapak Drs. H. Mubarok (2007-sekarang)
3. Keadaan Siswa dan Guru
a. Keadaan Siswa
Komponen pokok yang ada dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah yang erat hubungannya dengan guru adalah siswa., jika guru diartikan sebagai pendidik maka orang yang yang dibimbing untuk mendapatkan pengetahuan, kecakapan serta ketrampilan adalah siswa.
Adapun jumlah siswa-siswi untuk tahun pelajaran 2009/2010 pada MTs.Tholabuddin Masin terdiri dari 499 siswa dengan rincian sebagai berikut:
No Kelas L P Jumlah
1 VII 92 75 167
2 VIII 86 112 198
3 IX 66 68 134
Jumlah 244 255 499

b. Keadaan Guru
Guru sebagai tenaga pelaksana dan pengembangan program kegiatan belajar mengajar, baik tenaga ilmu pengetahuan umum ataupun ilmu pengetahuan agama memili peran yang sangat penting bagi perkembangan belajar siswa.
Adapun tenaga pendidik dan pegawai lainya di MTs. Thoalbuddin Masin secara keseluruhan berjumlah 43 orang, dengan perincian sebagai berikut:
No. Nama Lengkap Tempat,
Tanggal Lahir L/P Pendidikan Terakhir TMT
1 2 3 4 5 6
1 Drs. H. Mubarok Batang, 28-08-1956 L S 1 11/01/07
2 Djauza’ul Miniroh,BA Pkl, 14-04-1954 P D 3 06/01/76
3 Kholis Miftah Batang, 02-03-1968 L SMA 16/07/93
4 Yaskur Batang, 04-02-1964 L SMA 16/07/84
5 Mis Shobah,BA Pkl, 28-08-1951 P D 3 03/01/84
6 Asmuni Batang, 12-04-1950 L SMA 07/01/81
7 H. Masykur Ch Batang, 28-11-1959 L SMA 07/01/83
8 Rohmat Ch Batang, 09-04-1962 L SMA 17/07/89
9 Drs. Farozi Batang, 19-05-1967 L S 1 04/01/93
10 Shobari,A.Ma Batang, 27-08-1948 L D 2 05/01/09
11 Zaenal Arifin Batang, 16-08-1965 L SMA 19/07/93
12 Dra. Aisah Batang, 30-08-1968 P S 1 01/11/94
13 Sri Asih Palemb, 07-05-1975 P SMA 18/07/95
14 Mafrukhanah,S.Pd.I Batang, 22-10-1969 P S 1 09/02/95
15 Dra. Fatkhah Batang, 24-04-1966 P S 1 20/07/96
16 Nur Muzayin Mglg, 28-03-1971 L D 2 21/07/97
17 Nur Fityriyah,S.Ag Batang, 30-11-1971 P S 1 01/06/09
18 Hasyim Musthofa,A.Ma Batang, 12-12-1968 L D 2 16/07/01
19 Tahtimatur R,S.Ag Batang, 27-06-1978 P S 1 01/09/09
20 Siti Julaikah,S.Ag Srkt, 30-07-1975 P S 1 01/10/09
21 Muhammad Kasi,S.Ag Batang, 25-07-1975 L S 1 02/10/09
22 H. Andi Affifudin,S.E Batang,23-10-1976 L S 1 07/01/04
23 Anjar Setianingsih,S.Pd Bjn , 09-12-1979 P S 1 01/09/09
24 Dirman, S.Pd Crb, 02-05-1981 L S 1 04/01/05
25 Yudi Anang Restu,S.Pd Batang, 01-01-1979 L S 1 01/06/05
26 Sigit Marfian Prasetyo Batang, 14-03-1983 L SMA 17/07/06
27 Cristianawati,S.Pd Pkl, 12-10-1980 P S 1 17/07/06
28 Lukman Harun,S.Ag Batang, 26-06-1973 L S 1 31/07/06
29 A. Maskub, S.Pd Batang, 12-09-1975 L S 1 17/07/06
30 Mua’maroh, SS Batang, 20-03-1983 P S 1 31/07/06
31 Zulfatun Nikmah,S.Hi Batang, 19-07-1981 P S 1 01/07/08
32 Anita Ulfa,S.Pd Batang, 15-07-1985 P S 1 21/03/08
33 Wahyu Agustina, S.Pd.I Batang, 17-08-1984 P S 1 31/07/08
34 May Linda farry,S.Pd Batang, 22-05-1986 P S 1 11/02/09
35 Dwi Satriyanti,S.Pd Batang, 14-12-1983 P S 1 31/07/08
35 Khusnul Akib,S.Pd Batang, 14-02-1985 L S 1 13/07/09
37 Susiy Rokhana,S.Pd Batang, 08-08-1985 P S 1 13/07/09
38 Eka Risti Puji H, S.Pd Batang, 20-03-1983 P S 1 01/10/09
39 Siti Mariyana,S.Pd Pmlg, 18-05-1981 P S 1 01/10/09
40 Budi Santoso,S.H Srby, 21-01-1976 L S 1 01/10/09
41 Cartono Batang, 11-05-1966 L SMA 17/07/01
42 Basrinudin Batang, 07-06-1988 L SMA 17/07/05
43 Irwan Batang, 03-01-1962 L SMA 08/01/08

4. Sarana dan Prasarana
Sarana yang tersedia di MTs Tholabuddin Masin adalah sebagai berikut:
a. Alat Praktek IPA yaitu:
1). Mikroskop.
2). Alat peraga tubuh/kerangka manusia.
3). Alat peraga elektronik sederhana
4). Jenis batu-batuan alam.
5). Alat Pengujian teori IPA sederhana.
b. Peralatan Lab Komputer
c. Gedung sekolah milik sendiri
d. Masjid
e. Lapangam Volley Ball
f. Lapangan Tenis Meja
g. Lapangan Sepak Bola
h. Seperangkat Drumb Band
i. Organ Tunggal
j. Peralatan olah raga
Kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi rutinitas siswa/siwi MTs. Tholabudin Masin yaitu:
a. Pramuka
b. TIK
c. Drun Band
d. Sepak bola
e. Volley Ball
f. Tenis Meja
g. UKS

B. Deskripsi Data Hasil Penelitian
Data tentang pemanfaatan Internet dan buku pelajaran diambil dari hasil angket yang diisi siswa kelas IX yang telah dipilih menjadi responden, dan sebagai data pendukung peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada Kepala Sekolah dan TU. Adapun prestasi belajar siswa diperoleh dengan cara melihat hasil rata-rata nilai raport semester I tahun ajaran 2009/2010. Siswa yang menjadi responden berjumlah 34 siswa, dari populasi sebanyak 134 siswa dengan pengambilan sampel 25%.
Adapun nama-nama responden sebagai berikut:
Responden Nama L/P Kelas Alamat
1 Vina Millatul Husna P IX A Gapuro
2 Ina Masriin P IX A Kalibeluk
3 Dina Milatina P IX A Masin
4 Nur Ifana P IX A Masin
5 Lutfiana P IX A Candiareng
6 Mahda Rosy P IX A Kalibeluk
7 Izur Aufa L IX A Masin
8 Ahmad Subandi L IX A Masin
9 M. Dani Akhsan L IX A Masin
10 Riza Faisul Falah P IX B Masin
11 Nadhifatus Zulfa P IX B Masin
12 Ika Riska P IX B Masin
13 Dewi Susanti P IX B Gapuro
14 Eka Fauziyanti Lestari P IX B Gapuro
15 Fatlud Rozi L IX B Gapuro
16 Saiful Huda L IX B Banjiran
17 M. Nasrullah L IX B Pesalakan
18 Hasan Badruddin L IX B Cepagan
19 Mada Tamim L IX C Masin
20 Zidna Ilma L IX C Talun
21 Nur Kharisah P IX C Sawah Joho
22 Dina Mustakim P IX C Masin
23 Farozi L IX C Sijono
24 Lusi Cahyaningsih P IX C Masin
25 Umi Salamah P IX C Masin
26 Rani Hidayah P IX C Sidorejo
27 Rif’an L IX D Pandansari
28 Zaenal Muarifin L IX D Brokoh
29 Septian Putranto L IX D Banjiran
30 Lina Mursida P IX D Masin
31 Imam Ariski L IX D Gapuro
32 Khotimah P IX D Masin
33 Mukhtas Rozi L IX D Masin
34 Mashiyah P IX D Masin

Angket untuk variabel pemanfaatan Internet terdiri dari 20 item pertanyaan. Dengan alternatif 4 jawaban menggunakan skala likert yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju. Dengan demikian skor maksimum yang diperoleh responden adalah 4 x 20 = 80 dan skor minimum 1 x 20 = 20.
1. Data Pemanfaatan Internet di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang
Adapun data hasil angket pemanfaatan Internet terdapat dalam tabel sebagai berkut:
Res. Skor untuk item no. Skor total
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
1 3 4 4 1 4 3 3 3 2 4 3 3 3 3 3 3 4 4 4 3 64
2 1 3 4 3 3 2 2 2 3 3 2 3 2 3 3 3 4 4 4 4 58
3 1 1 4 2 4 3 3 3 4 4 3 4 4 4 3 3 3 3 3 3 62
4 1 1 4 1 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 2 3 55
5 2 1 3 4 4 4 4 3 4 3 3 4 3 4 4 4 3 3 3 2 65
6 1 4 4 3 3 2 2 2 3 3 3 3 3 3 3 2 3 2 3 3 55
7 1 1 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 3 3 3 3 69
8 1 1 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 4 3 3 60
9 1 1 3 2 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 70
10 1 1 4 3 3 4 3 4 4 3 3 3 3 3 3 4 4 4 3 3 63
11 2 3 4 4 4 3 3 4 4 4 4 4 2 4 4 4 4 4 4 3 72
12 2 1 4 2 3 3 3 2 4 3 3 4 2 3 3 3 4 3 2 2 56
13 2 1 4 4 3 3 3 3 3 3 3 3 2 3 4 4 4 3 3 3 61
14 2 4 4 4 3 3 3 3 4 4 4 3 3 2 3 4 3 4 3 3 66
15 2 1 4 4 3 2 2 3 4 4 3 4 3 4 4 3 4 3 3 4 64
16 2 1 4 4 4 3 2 2 2 4 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 58
17 2 1 4 4 4 3 3 3 4 4 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 64
18 2 1 4 3 3 3 3 2 2 4 3 3 2 3 3 3 3 3 3 3 56
19 2 1 4 4 3 3 3 3 3 4 3 3 4 3 4 3 4 3 3 4 64
20 2 1 4 3 4 4 3 4 4 4 3 3 4 3 4 3 3 4 4 3 66
21 1 4 4 3 4 4 4 4 3 3 3 3 4 3 4 4 4 3 3 3 68
22 2 1 4 1 3 3 3 3 3 3 2 4 3 2 4 3 4 3 2 3 56
23 2 2 3 4 4 3 3 3 4 4 3 3 2 3 3 3 3 2 2 2 58
24 2 1 4 2 3 3 3 3 3 4 3 3 3 2 3 3 3 3 2 3 56
25 2 2 4 2 4 4 3 3 4 4 3 3 3 4 4 3 4 3 3 2 64
26 2 1 4 2 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 59
27 2 1 3 2 3 3 3 3 3 3 1 3 3 3 3 4 3 3 4 4 57
28 1 3 4 4 4 3 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 74
29 2 1 3 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 58
30 1 2 3 2 3 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 70
31 1 1 1 1 3 4 3 4 4 4 4 4 3 3 4 4 4 4 4 4 64
32 4 4 4 4 4 3 3 3 4 4 4 3 4 4 4 4 4 3 4 3 74
33 3 3 3 2 4 4 3 3 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 62
34 2 4 3 1 3 3 4 3 4 3 4 4 4 3 3 3 3 3 3 3 63

a. Rata-rata
Mencari nilai rata-rata (mean) dari (X1) dengan rumus mean, yaitu
MX1 =
=
= 62,68
b. Kualifikasi dan interval nilai dengan menentukan range dan interval kelas.
R= H-L
Ket:
R = range
H = nilai tertinggi
L = nilai terendah
R = H- L
= 74-55
= 19
K = 1+3,322log N
Ket:
K = banyak kelas
N = jumlah responden
K = 1+3,322 log 34
= 6,08
i = R: K
Ket:
i = interval kelas
i = 19 : 6,08
= 3,12
Dibulatkan menjadi 3
Kemudian hasil ini dibuat dalam tabel distribusi frekuensi pemanfaatan Internet sebagai berikut.
No. Interval F Xi FXi (Xi-Mx)2 F(Xi-Mx)2
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7. 55-57
58-60
61-63
64-66
67-69
70-72
73-74 7
6
5
9
2
3
2 56
87
62
65
68
71
73.5 392
522
310
585
136
213
147 44,62
591,46
0,64
5,38
28,30
69,22
117,07 312,34
3548,76
3,2
48,42
56,6
207,66
234,14
∑ 34 2305 4420,12

c. Mencari mean, modus, median dan standar deviasi dengan menggunakan rumus:
Mean (Mx1) = ∑FXi:∑F = 2131:34 = 62,68
Modus (Mo) =
Ket:
b = tepi batas bawah kelas modus
P = panjang kelas/interval
b1= frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas sebelumnya
b2= frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas berikutnya
Mo =
= 65,21
Median (Me)=
Ket:
b = tepi batas bawah kelas median
P = panjang kelas / interval
F = jumlah frekeuensi sebelum kelas median
f = frekuensi kelas median
n = jumlah seluruh frekuensi
Me =
= 68,33
Varians = s2 = ∑F(Xi-Mx)2 :[(∑F)-1]
= 4420,12 : 33
= 133,94
Standar Deviasi (SD) = s = = 11.57
(Hasil data nilai angket pemanfaatan Internet di lampiran 5).
2. Data Pemanfaatan Teks Buku Pelajaran
Adapun data hasil angket pemanfaatan teks buku pelajaran terdapat dalam tabel sebagai berikut:
No Res. Skor untuk item no. J
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
1 3 4 4 3 3 3 3 2 4 4 4 4 4 4 4 3 3 3 3 4 69
2 3 4 4 3 3 3 2 2 4 2 2 4 3 4 4 3 2 3 4 3 62
3 1 4 4 2 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 61
4 4 4 4 1 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 2 3 3 3 3 60
5 1 4 4 1 4 3 3 2 4 3 3 3 4 3 3 3 4 3 4 3 62
6 1 2 4 1 3 2 2 2 4 3 3 3 3 3 3 3 3 2 3 3 53
7 4 4 4 2 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 3 4 65
8 4 4 4 4 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 72
9 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 80
10 1 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 4 3 3 3 3 4 4 63
11 2 4 4 2 4 4 4 3 4 4 3 3 3 4 4 3 3 3 3 4 68
12 1 4 4 1 3 3 3 3 3 3 2 3 3 3 2 2 2 2 3 2 52
13 2 4 4 1 4 4 3 3 4 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 63
14 1 4 4 1 4 3 3 4 4 3 3 3 4 4 3 3 3 4 3 2 63
15 4 4 4 1 3 3 2 3 4 3 3 3 4 3 3 3 3 3 3 3 62
16 2 1 4 1 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 56
17 3 4 4 1 3 3 3 3 3 3 2 3 3 3 3 2 3 2 2 2 65
18 3 4 3 3 3 3 3 3 4 4 3 4 4 3 4 3 3 4 3 3 67
19 2 1 3 2 4 3 4 3 3 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 4 64
20 3 4 4 1 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 4 4 63
21 1 2 3 1 3 3 3 3 4 3 3 4 3 3 4 4 3 3 3 4 60
22 2 1 4 3 3 3 3 3 3 4 4 3 3 1 3 2 3 3 4 3 58
23 2 2 1 4 4 3 3 4 4 4 3 4 4 4 3 4 3 3 3 3 65
24 2 1 4 2 3 3 3 3 3 3 3 4 4 4 3 3 3 3 4 3 61
25 2 3 3 1 4 4 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 61
26 3 4 4 2 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 3 4 4 74
27 2 2 3 2 3 3 3 3 3 3 2 3 3 3 3 3 4 3 4 3 58
28 1 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 76
29 2 2 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 58
30 1 3 2 2 3 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 69
31 1 1 3 2 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 2 4 56
32 4 4 4 1 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 4 4 4 75
33 2 3 4 3 3 3 3 3 3 4 3 4 3 4 4 3 3 3 3 3 64
34 2 4 4 2 4 3 4 4 3 3 3 3 3 2 3 3 3 3 3 4 63



a. Rata-rata
Mencari nilai rata-rata (mean) dari kemampuan mengelola kelas (X2) dengan rumus mean, yaitu
MX2 =
=
= 63,76
b. Kualifikasi dan interval nilai dengan menentukan range dan interval kelas.
R= H-L
Ket:
R = range
H = nilai tertinggi
L = nilai terendah
R = H- L
= 80-52
= 28
K = 1+3,322log N
Ket:
K = banyak kelas
N = jumlah responden
K = 1+3,322 log 34
= 6,08
i = R: K
Ket:
i = interval kelas
i = 28: 6,08
= 4,6
Dibulatkan menjadi 5
Kemudian hasil ini dibuat dalam tabel distribusi frekuensi kemampuan mengelola kelas sebagai berikut:
No. Interval F Xi FXi (Xi-Mx)2 F(Xi-Mx)2
1.
2.
3.
4.
5.
6. 52-56
57-61
62-66
67-71
72-76
77-80 5
7
13
4
4
1 54
59
64
69
74
78,5 270
413
832
276
296
78,5 95,25
22,65
0,05
27,45
104,85
217,26 476,25
158,55
0,65
109,8
419,4
217,26
∑ 34 2165,5 1381,91

c. Mencari mean, modus, median dan standar deviasi dengan menggunakan rumus:
Mean (Mx2) = ∑FXi:∑F = 2168:34 = 63,76
Modus (mo) =


Ket:
b = tepi batas bawah kelas modus
P = panjang kelas/interval
b1= frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas sebelumnya
b2= frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas berikutnya
Mo1 = 61,5+ 5
= 64,8
Median (Me) =
Ket:
b = tepi batas bawah kelas median
P = panjang kelas / interval
F = jumlah frekeuensi sebelum kelas median
f = frekuensi kelas median
n = jumlah seluruh frekuensi
Me = 61,5 + 5
= 66,65
Varians = s2 = ∑F(Xi-Mx)2 :[(∑F)-1]
= 1381,91: 33
= 41,87
Standar Deviasi (SD) = s = = 6,47
(Hasil data angket teks buku pelajaran di lampiran 6).
3. Data Tentang Prestasi Belajar Siswa.
Adapun data tentang prestasi belajar siswa, dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:
Res. Nama L/P Jumlah Nilai Rata-rata
1 Vina Millatul Husna P 1216 76
2 Ina Masriin P 1126 71
3 Dina Milatina P 1259 79
4 Nur Ifana P 1323 80
5 Lutfiana P 1072 67
6 Mahda Rosy P 1183 74
7 Izur Aufa L 1172 73
8 Ahmad Subandi L 1059 66
9 M. Dani Akhsan L 1092 68
10 Riza Faisul Falah P 1208 76
11 Nadhifatus Zulfa P 1176 74
12 Ika Riska P 1160 73
13 Dewi Susanti P 1160 73
14 Eka Fauziyanti Lestari P 1176 74
15 Fatlud Rozi L 1226 77
16 Saiful Huda L 1191 75
17 M. Nasrullah L 1058 66
18 Hasan Badruddin L 1152 72
19 Mada Tamim L 1181 74
20 Zidna Ilma L 1179 74
21 Nur Kharisah P 1269 69
22 Dina Mustakim P 1123 70
23 Farozi L 1011 63
24 Lusi Cahyaningsih P 1187 74
25 Umi Salamah P 1192 75
26 Rani Hidayah P 1079 67
27 Rif’an L 1090 68
28 Zaenal Muarifin L 1011 63
29 Septian Putranto L 1122 70
30 Lina Mursida P 1171 73
31 Imam Ariski L 1155 72
32 Khotimah P 1190 74
33 Mukhtas Rozi L 1160 74
34 Mashiyah P 1225 77

a. Rata-rata
Mencari nilai rata-rata (mean) dari prestasi belajar siswa (Y) dengan rumus mean, yaitu
MY =
=
= 72,4
b. Kualifikasi dan interval nilai dengan menentukan range dan interval kelas.
R= H-L
Ket:
R = range
H = nilai tertinggi
L = nilai terendah
R = H- L
= 83-63
= 20
K = 1+3,322log N
Ket:
K = banyak kelas
N = jumlah responden
K = 1+3,322 log 34
= 6,08
i = R: K
Ket:
i = interval kelas
i = 20 : 6,08
= 3,28
Dibulatkan menjadi 3
Kemudian hasil ini dibuat dalam tabel distribusi frekuensi prestasi belajar sebagai berikut.
No. Interval F Xi FXi (Xi-My)2 F(Xi-My)2
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7. 63-65
66-68
69-71
72-74
75-77
78-80
81-83 2
6
3
14
6
2
1 64
67
70
73
76
79
82 128
402
210
1022
456
158
82 70,56
29,16
5,76
0,36
12,96
43,56
92,16 141,12
174,96
17,28
5,04
77,76
87,12
92,16
∑ 34 2458 595,44

c. Mencari mean, modus, median dan standar deviasi dengan menggunakan rumus:
Mean (Mx1) = ∑FXi:∑F = 2464:34 = 72,4
Modus (Mo) =
Ket:
b = tepi batas bawah kelas modus
P = panjang kelas/interval
b1= frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas sebelumnya
b2= frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas berikutnya
Mo =
= 75,62
Median (Me)=
Ket:
b = tepi batas bawah kelas median
P = panjang kelas / interval
F = jumlah frekeuensi sebelum kelas median
f = frekuensi kelas median
n = jumlah seluruh frekuensi
Me =
= 74,8
Varians = s2 = ∑F(Xi-Mx)2 :[(∑F)-1]
= 595,44 : 33
= 18,04
Standar Deviasi (SD) = s = = 4,24
(Hasil data prestasi siswa di lampiran 7).


C. Pengujian Hipotesis
Pengujian hipotesis dimaksudkan untuk mengolah data yang telah terkumpul baik dari data variabel pemanfaatan Internet (X1), pemanfaatan teks buku pelajaran (X2) dan prestasi belajar siswa (Y) yang bertujuan untuk membuktikan diterima atau tidaknya hipotesis yang telah diajukan penulis.
Hipotesis yang telah dirumuskan akan diuji dengan Statistik Parametris, antara lain dengan menggunakan t-test untuk satu sampel, korelasi dan regresi. Penggunaaan Statistik parametris mensyaratkan bahwa data setiap variabel yang akan dianalisis berdistribusi normal. Oleh karena itu sebelum pengujian hipotesis dilakukan, maka terlebih dulu akan dilakukan pengujian normalitas data.
Terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menguji normalitas data antara lain dengan kertas peluang dan chi kuadrat. Pada penelitian ini akan digunakan Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data (Sugiyono, 2006: 194).
Untuk menguji kebenaran hipotesis, ada beberapa persyaratan antara lain, jika :
r hitung r tabel = Artinya tidak ada pengaruh antara pemanfaatan Internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran terhadap prestasi belajar siswa di MTs Thoalabuddin Masin..
r hitung r tabel = Artinya ada pengaruh antara pemanfaatan Internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran terhadap prestasi belajar siswa di MTs Thoalabuddin Masin.
1. Uji Hipotesis 1
a. Uji Normalitas untuk pemanfaatan Internet (X1)
• H0 : X1 mengikuti distribusi normal
H1 : X1 tidak mengikuti distribusi normal
• α = 0,05
• Data dan proses pengujian
Interval f0 fh (f0 – fh ) (f0 – fh)2 (f0 – fh)2
fh
58-60
61-63
64-66
67-69
70-72
73-75 1
4
10
12
5
2 0,92
4,54
11,54
11,54
4,54
0,92 0,08
-0,54
-1,54
0,46
0,46
1,08 0,00
0,29
2,37
0,21
0,21
1,17 0,00
0,06
0,20
0,02
0,05
1,27
34 34,0 4,25 1,6

Berdasarkan perhitungan ditemukan harga Chi Kuadrat hitung = 1,6. Harga tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga Chi Kuadrat tabel, dengan dk (derajat kebebasan) 6-1=5 dan taraf kesalahan 5%, maka harga Chi Kuadrat tabel =11,070. Karena harga Chi Kuadrat hitung lebih kecil dari harga Chi Kuadrat tabel (1,6 <11,070), maka distribusi data variabel pemanfaatan Internet (X1) tersebut normal.
b. Korelasi antara variabel pemanfaatan Internet (X1) dan variabel prestasi belajar (Y)
Penghitungan korelasi dapat menggunakan tabel penolong seperti ditunjukan pada tabel

rxy = _____ xy ______
√ (x2) (y2)
= _____ 183,74_____
√ (420,74)(582,74)
= _____ 183,74______
√ 245182,027
= _____ 183,74_____
495,15
= 0,370
Interpretasi sederhana dari hasil analisis di atas menunjukkan angka korelasi antara variabel X1 dan variabel Y yang bertanda positif berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif atau korelasi yang berjalan searah.
Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi hitung r = 0,370, sedangkan koefisien korelasi hitung tabel (rt) taraf signifikan 0,05 adalah 0,339. Hasil ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi hitung lebih besar dari koefisien korelasi tabel pada taraf signifikansi 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang diajukan oleh penulis diterima dan hipotesis nol ditolak, artinya ada korelasi positif dan signifikan antara pemanfaatan Internet dengan prestasi belajar siswa di MTs Tholabuddin Masin, artinya semakin tinggi tingkat pemanfaatan Internet maka semakin tinggi pula prestasi siswa dan sebaliknya.
2. Uji Hipotesis 2
a. Uji normalitas untuk pemanfaatan teks buku pelajaran (X2)
• H0 : X2 mengikuti distribusi normal
H1 : X2 tidak mengikuti distribusi normal
• α = 0,05
• Data dan proses pengujian
Interval f0 fh (f0 – fh ) (f0 – fh)2 (f0 – fh)2
fh
57-59
60-62
63-65
66-68
69-71
72-74 2
3
8
10
7
3 0,92
4,54
11,54
11,54
4,54
0,92 1,08
-1,54
-3,54
-1,54
2,46
2,08 1,16
2,37
12,53
2,37
6,05
4,32 1,26
0,52
1,08
0,20
1,33
4,69
34 34,0 38,8 9,08

Berdasarkan perhitungan ditemukan harga Chi Kuadrat hitung = 9,08. Harga tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga Chi Kuadrat tabel, dengan dk (derajat kebebasan) 6-1=5 dan taraf kesalahan 5%, maka harga Chi Kuadrat tabel =11,070. Karena harga Chi Kuadrat hitung lebih kecil dari harga Chi Kuadrat tabel (9,08 <11,070), maka distribusi data variabel pemanfaatan Internet (X2) tersebut normal.
b. Korelasi antara variabel pemanfaatan teks buku pelajaran (X2) dan variabel prestasi belajar (Y)
rxy = _____ xy ______
√ (x2) (y2)
= _____ 213,68____
√ (538,38)(582,74)
= _____ 206,68______
√ 313725,68
= _____ 213,68_____
560,11
= 0,381
Interpretasi sederhana dari hasil analisis di atas menunjukkan angka korelasi antara variabel X2 dan variabel Y yang bertanda positif berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif atau korelasi yang berjalan searah.
Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi hitung r = 0,381, sedangkan koefisien korelasi hitung tabel (rt) taraf signifikan 0,05 adalah 0,339. Hasil ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi hitung lebih besar dari koefisien korelasi tabel pada taraf signifikansi 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis kedua yang diajukan oleh penulis diterima dan hipotesis nol ditolak, artinya ada korelasi positif dan signifikan antara pemanfaatan teks buku pelajaran dengan prestasi belajar siswa di MTs Tholabuddin Masin, artinya semakin tinggi tingkat kemampuan memanfaatkan teks buku pelajaran maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa dan sebaliknya.
3. Uji Hipotesis 3
a. Uji normalitas untuk prestasi belajar siswa (Y)
• H0 : X1 mengikuti distribusi normal
H1 : X1 tidak mengikuti distribusi normal
• α = 0,05
• Data dan proses pengujian

Interval f0 fh (f0 – fh ) (f0 – fh)2 (f0 – fh)2
fh
63-65
66-68
69-71
72-74
75-77
78-80 2
6
4
14
6
2 0,92
4,54
11,54
11,54
4,54
0,92 1,08
1,46
-7,54
2,46
1,46
1,08 1,16
2,13
56,85
6,05
2,13
1,16 1,6
0,46
4,92
0,52
0,46
1,26
34 34,0 69,48 9,22
Berdasarkan perhitungan ditemukan harga Chi Kuadrat hitung = 9,22. Harga tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga Chi Kuadrat tabel, dengan dk (derajat kebebasan) 6-1=5 dan taraf kesalahan 5%, maka harga Chi Kuadrat tabel =11,070. Karena harga Chi Kuadrat hitung lebih kecil dari harga Chi Kuadrat tabel (9,22 <11,070), maka distribusi data variabel prestasi belajar (Y) tersebut normal.
b. Uji statistik untuk mencari koefisien korelasi berganda antara variabel pemanfaatan internet (X1) dan pemanfaatan Teks buku pelajaran (X2) terhadap Prestasi belajar siswa (Y) secara bersama-sama.
R =
=
=
= 0,452
Interpretasi sederhana dari hasil analisis di atas menunjukkan angka korelasi antara variabel X1 dan variabel X2 dengan variabel Y yang bertanda positif berarti diantara tiga variabel tersebut terdapat korelasi positif atau korelasi yang berjalan searah.
Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi berganda R = 0,452, sedangkan koefisien korelasi hitung (rt) pada tabel taraf signifikan 0,05 adalah 0,339. Hasil ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi hitung lebih besar dari koefisien korelasi tabel pada taraf signifikansi 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis ketiga yang diajukan oleh penulis diterima dan hipotesis nol ditolak, artinya ada korelasi positif dan signifikan antara variabel pemanfaatan Internet dan variabel pemanfaatan teks buku pelajaran dengan prestasi belajar siswa MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang, artinya semakin tinggi tingkat pemanfaatan Internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa dan sebaliknya.
Koefisien determinasi diperoleh nilai r2 = 0,205, artinya bahwa variabel pemanfaatan Internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran mempunyai sumbangan efektif sebesar 20% terhadap prestasi belajar siswa MTs Tholabuddin Masin.

D. Pembahasan Hasil Penelitian
Adapun hasil penelitian yang telah dianalisis penulis dapat diuraikan sebagai berikut.
Dari hasil hipotesis pertama diperoleh pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan Internet dengan prestasi belajar siswa, terbukti nilai r = 0,370 dan sumbangan efektif sebesar 37% dengan taraf signifikansi 0,05 (r tabel 0,339), artinya pengaruh pemanfaatan internet dengan prestasi belajar cukup kuat, semakin tinggi tingkat memanfaatkan internet berarti semakin tinggi prestasi belajar siswa. Hasil analisis di atas dapat dikorelasikan dengan teori pemanfaatan internet bahwa penggunaan internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan diselenggarakanya proses belajar mengajar yang lebih efektif. Hal ini terjadi karena dengan sifat dan karakteristik internet yang cukup khas, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran sebagamaina media lain telah dipergunakan sebelumnya seperti radio, televisi, CD-ROM interaktif dan lain-lain. Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi, internet harus dapat memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara guru dan siswa sebagaimana yang dipersyaratkan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Kondisi yang yang harus dapat didukung oleh internet tersebut terutama berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yang jika dikembangkan secara sederhana, bisa diartikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas-tugas tersebut (Laila, 2006: 3).
Hasil analisis di atas juga didukung dengan hasil observasi pemanfaatan internet oleh siswa di setiap proses pembelajaran di lab komputer, diantaranya peneliti memperhatikan siswa mempersiapkan pembelajaran dengan baik dan mengikuti pembelajaran dengan senang karena tertarik untuk menguasai materi yang diajarkan oleh guru.
Hasil hipotesis kedua diperoleh hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan teks buku pelajaran dengan prestasi belajar siswa, terbukti nilai r = 0,381 dan sumbangan efektif sebesar 38% dengan taraf signifikansi 0,05 (r tabel 0,339), artinya hubungan antara kemampuan memanfaatkan teks buku pelajaran dengan prestasi belajar cukup kuat, semakin tinggi tingkat pemanfaatan teks buku pelajaran berarti semakin tinggi prestasi belajar siswa. Hasil analisis di atas dapat dikorelasikan dengan teori pemanfaatan teks buku pelajaran bahwa buku teks memiliki fungsi istimewa dalam pembelajaran karena buku teks menyajikan fungsi pokok masalah, mencerminkan sudut pandang, menyediakan sumber yang teratur, menyajikan bahan remedial dan evaluasi, menyajikan gambar, serta menyediakan aneka metode dan sarana pembelajaran (Tarigan dan Djago Tarigan, 1990:15). Buku teks pelajaran dapat berfungsi sebagai sumber sekaligus media pembelajaran. Fungsi tersebut secara maksimal dapat diperoleh bila buku teks pelajaran memiliki kualitas yang baik, sehingga siswa yang aktif memanfaatkan buku pelajaran dengan membacanya secara benar akan meningkatkan prestasi belajarnya di kelas.
Hasil analisis di atas juga didukung dari hasil observasi kemampuan memanfaatkan teks buku pelajaran, diantaranya siswa setiap ada waktu luang digunakan untuk membaca buku pelajaran baik di kelas ataupun di perpustakaan, hal ini akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa itu sendiri, karena dengan sering membaca teks buku pelajaran fikiran akan lebih cerdas dibanding siswa yang tidak membaca buku pelajaran. Peneliti juga melakukan wawancara berkaitan dengan kemampuan memanfaatkan teks buku pelajaran kepada guru dan siswa. Ketika peneliti mewancarai guru, diperoleh hasil bahwa semua guru selalu berusaha menyuruh siswa untuk selalu rajin membaca setiap harinya.
Hasil hipotesis ketiga diperoleh ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran dengan prestasi belajar siswa di MTs. Tholabuddin Masin, terbukti nilai R yang diperoleh = 0,452 kemudian dari tabel dengan db1= 3 dan db2 = 34, taraf signifikansi 0,05 (R tabelnya = 0,325) dan memberikan sumbangan efektif sebesar 20%. Karena nilai R = 0,452 lebih besar dari nilai R tabel, maka dinyatakan signifikan, artinya semakin tinggi tingkat pemanfaatan internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran maka prestasi belajar siswa juga semakin tinggi.
Dalam uji koefisien determinasi variabel pemanfaatan internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran berpengaruh sebesar 20% terhadap prestasi belajar siswa di MTs. Tholabuddin Masin, sedang 80% lainnya berdasarkan hasil observasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor internal (dari dalam siswa, seperti: minat belajar, motivasi belajar, aktivitas belajar dan lain-lain), faktor eksternal (dari uar siswa, seperti: keluarga dan lingkungan). Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang utama dan pertama seseorang, sehingga pola asuh dalam keluarga atau kondisi keluarga dapat mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa.
Pada pembahasan ini akan diinterpretasikan hasil uji hipotesis relevansinya dengan hipotesis yang diajukan penulis yaitu ”ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran dengan prestasi belajar siswa bidang di MTs. Tholabuddin Masin” dapat diterima. Hasil ini terbukti dengan diperoleh dari hasil uji analisis statistik, hasil observasi dan wawancara yang dilakukan penulis dengan kepala sekolah, guru dan beberapa siswa MTs. Tholabuddin Masin..
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pemanfaatan internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran oleh siswa merupakan prediktor yang ikut menentukan prestasi belajar siswa di MTs. Tholabuddin Masin, sehingga semakin baik pemanfaatan internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran oleh siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa di MTs. Tholabuddin Masin. Sebaliknya semakin kurang baik pemanfaatan internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran, maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa di MTs. Tholabuddin Masin.

E. Keterbatasan Penelitian
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, perlu disadari ada beberapa keterbatasan, walaupun demikian hasil penelitian yang diperoleh tersebut tetap dapat dijadikan acuan awal bagi penelitian selanjutnya. Dalam hal ini penulis perlu menjelaskan beberapa keterbatasan penelitian yang dimaksud, antara lain:
1. Peneliti menyadari masih terdapat kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini, yakni data yang diperoleh di lapangan hanya yang berkaitan dengan variabel penelitian, waktu yang diberikan untuk observasi dan wawancara dengan guru dan siswa singkat sekali.
2. Dalam pengambilan sampel yang dipilih tidak bisa secara persis mencerminkan keseluruhan keadaan siswa di Indonesia, hanya bisa digeneralisasikan untuk tempat penelitian saja, yaitu di MTs. Tholabuddin Masin.
3. Dalam penelitian ini tidak dapat diambil kesimpulan secara total bahwa pemanfaatan internet dan pemanfaatan buku teks pelajaran merupakan satu-satunya yang mempunyai pengaruh terbesar untuk prestasi belajar siswa di MTs. Tholabuddin Masin, tetapi masih terdapat faktor keberhasilan lainnya seperti faktor dari dalam siswa dan faktor keluarga serta lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar