Rabu, 28 September 2011

BAB V

BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian-uraian pada bab sebelumya telah memperjelas kenyataan bagaimana internet dan teks buku pelajaran telah ditempatkan sebagai salah satu sumber informasi bagi siswa MTs. Tholabuddin Masin. Berkenaan dengan itu, data yang diperoleh dari lapangan pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat variasi yang berbeda diantara siswa MTs. Tholabuddin Masin dalam memanfaatkan internet dan teks buku pelajaran yang dimuat pada Bab IV di atas, maka dapatlah ditarik beberapa kesimpulan antara lain:
1. Dilihat dari aspek pemanfaatan internet seperti, frekuensi penggunaan, fasilitas yang digunakan, dan bagaimana cara mendownload serta memanfaatkan internet sebagai sumber informasi dalam menunjang pembelajaran ternyata didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,370 terhadap prestasi belajar siswa MTs. Tholabuddin Masin, dan besarnya pengaruh adalah 37% sedangkan 63% dipengaruhi faktor lain seperti minat dan faktor lingkungan keluarga.
2. Dilihat dari aspek pemanfaatan teks buku pelajaran seperti, frekuensi membaca, pemahaman isi bacaan, dan bagaimana cara memanfaatkan teks buku pelajaran sebagai sumber informasi dalam menunjang pembelajaran ternyata didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,381 terhadap prestasi belajar siswa MTs. Tholabuddin Masin, dan besarnya pengaruh adalah 38% sedangkan 62% dipengaruhi faktor lain seperti minat dan faktor lingkungan keluarga.
3. Dilihat dari aspek pemanfaatan internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran secara bersama-sama seperti, frekuensi penggunaan, fasilitas yang digunakan, dan bagaimana cara memanfaatkan internet dan teks buku pelajaran sebagai sumber informasi dalam menunjang pembelajaran ternyata didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,452 terhadap prestasi belajar siswa MTs. Tholabuddin Masin, dan besarnya pengaruh adalah 45% sedangkan 65% dipengaruhi faktor lain seperti minat dan faktor lingkungan keluarga. Adapun Koefisien determinasi diperoleh nilai r2 = 0,205, artinya bahwa variabel pemanfaatan Internet dan pemanfaatan teks buku pelajaran mempunyai sumbangan efektif sebesar 20% terhadap prestasi belajar siswa MTs Tholabuddin Masin sedangkan 80% dipengaruhi faktor lain diantaranya faktor internal (dari dalam siswa, seperti: minat belajar, motivasi belajar, aktivitas belajar dan lain-lain), faktor eksternal (dari uar siswa, seperti: keluarga dan lingkungan).

B. Rekomendasi
Berdasarkan temuan yang ada, kiranya terdapat beberapa hal yang bisa direkomendasikan untuk dilakukan antara lain:
1. Agar pihak madrasah memperhatikan bahwa semakin tingginya tuntutan akan informasi oleh siswa harus diantisipasi dengan cara menyediakan pusat layanan digital utamanya perpustakaan madrasah untuk melayani siswa yang membutuhkan informasi secara cepat, maka pemberdayaan penggunaan layanan tersebut juga perlu disosialisasikan bila pembangunan layanan internet di madrasah atau perpustakaan belum bisa dilakukan.
2. Pengoptimalan layanan digital pada perpustakaan oleh siswa MTs. Tholabuddin Masin kiranya juga harus dibarengi dengan kesiapan tenaga pustakawan yang mampu memberikan pelayan yang prima terhadap siswa yang membutuhkan informasi dengan cepat dan akurat.
3. Perlunya dilakukan pelatihan atau semacam workshop bagi siswa MTs. Tholabuddin Masin dalam memenfaatkan internet sebab tuntutan pembelajaran yang mereka jalani, walaupun tingkatnya berbeda berdasarkan program studinya telah mengarah pada peposisian internet sebagai sumber informasi bagi pendukung kesuksesan hasil belajar.
4. Perlu dilakukan suatu program semacam wajib membaca buku s minimal setiap seminggu sekali dengan memerintahkan kepada siswa MTs. Tholabuddin untuk datang keperpustakaan madrasah dan meringkas hasil kegiatan tersebut, sehingga secara tidak langsung siswa akan terbiasa memanfaatkan teks buku pelajaran sebagai sumber informasi dalam belajar.

C. Penutup
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat, taufiq serta hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan tesis ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya tesis ini dari awal hingga akhir yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu, semoga Allah SWT selalu membalas kebaikan mereka semua dengan balasan yang berlipat ganda.
Penulis berharap, semoga karya ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan bagi penulis sendiri. Tidak lupa penulis mohon maaf, apabila dalam penyusunan kalimat maupun bahasanya masih dijumpai banyak kekeliruan. Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif guna perbaikan di masa mendatang.
Mudah mudahan apa yang penulis buat ini mendapat ridha dari Allah yang maha pemurah. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung di akhirat nanti dan selalu mendapatkan perlindunganNya, Amin ya rabbal almin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar