Jumat, 07 Desember 2012

Kurikulum


Hubungan antara Perencanaan Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, dan Pembelajaran


    Goal and General Objective        Curriculum  Plans/Design        Teaching-Learning Situation

                                                             
                                                               Currriculum Planning


   _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _                         Curriculum Development 


   - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - --- - -                  Instruction







KURIKULUM:

Adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU No.20/2003 psl 1 ayat 19)


 
 

































LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

 












FILSAFAT:                                                      SOSIAL & BUDAYA:
- APA PENDIDIKAN                                  - PERKEMB. MASY
- SIAPA PENDIDIK                                    - TUNTUTAN PROFESI
- SIAPA SISWA





   PSIKOLOGI:                                                  ILMU & TEKNOL:
-     KARAKTERIST.INDIVIDU                   - TEORI-KONSEP-MODEL
-     PERKEMB. SISWA                                 - HARDWARE-SOFTWARE
-     KONSEP BELAJAR





















PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

1.  Relevansi

§  Kesesuaian (desain pengembangan) kur dgn tuntutan perkembangan dan kebutuhan lapangan à Analisis kebutuhan.
§  Kesesuaian mutu lulusan dgn standar pengguna à Standar kompetensi.


2.  Fleksibilitas

§  Kelenturan (desain pengembangan) melayani keragaman kebutuhan pengguna à Program elektif
§  Kelenturan dlm melayani perbedaan kemampuan dan pengalaman peserta didik à Pembelajaran bervariasi


3.  Efektivitas

§  Keberhasilan proses kurikulum (pembelajaran) mengoptimalkan perkembangan peserta didik à Pengendalian mutu

4.  Efisiensi
§  Ketepatan pelaksanaan kurikulum dan pemanfaatan komponen pendukung à Pengendalian mutu.







MODEL-MODEL KURIKULUM
1. Model Konseptual (Conceptual Models)

Jenis Model
Karakteristik
1. Subject Academic Curr.
Berfokus pada bahan ajar, yang berasal dari disiplin ilmu, kedudukan guru sangat penting ekspert & model
2. Humanistic Curr.
Menekankan keutuhan pribadi, kurikulum didasarkan atas minat-kebutuhan siswa, siswa aktif belajar
3.Technological/
   Competence Based Curr.
Menekankan penguasaan kompetensi, pembelajaran dibantu alat-alat teknologis
4. Social Reconstruction Curr.
Berfokus pada masalah sosial, menekankan belajar kelompok

2. Model Desain (Perencanaan)
Jenis Model
Karakteristik
1. Fokus Kurikulum:
    1.1. Subject Centred Curr.
    1.2. Student Centred Curr.
    1.3. Problem Centred Curr.

1.1.      Desain menekankan bahan ajar yang tersusun dalam mata pelajaran
1.2.      Desain menekankan minat dan kebutuhan siswa
1.3.      Desain menekankan masalah yang dihadapi siswa/masyarakat
2. Organisasi Kur.
    2.1. Separated Subject Curr.

    2.2. Correlated Curr.


    2.3. Broadfield Curr.

    2.4. Fused Curr.

    2.5. Integrated Curr.

2.1. Isi kurikulum disusun dalam bentuk mata-mata pelajaran yang terlepas-lepas
2.2. Isi kurikulum disusun dengan menghubungkan mata-mata pelajaran yang terkait
2.3. Isi kurikulum memadukan materi dari mata-mata pelajaran yang serumpun
2.4. Isi kurikulum merupakan paduan dari sejumlah/semua mata pelajaran
2.5. Isi kurikulum betul-betul terpadu, tidak jelas lagi asal mata pelajarannya.

3. Model Implementasi

Jenis Model
Karakteristik
1. Pendekatan Impl.
   1.1. Fidelity

   1.2. Mutual Adaptive

   1.3. Enactment

1.1. Implementasi kur sesuai dengan desain yang telah standar
1.2. Pelaksana kur mengadakan penyesuaian-penyesuaian berdasarkan kondisi, kebutuhan, tuntutan setempat
1.3. Pelaksana kur melakukan berbagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan kur.
2. Inovasi(Innovation models)
   2.1. Concern Based Adoption Model


   2.2. Innovation Profile Model

   2.3. TORI (Trust Opening Realization Interdependence)


2.1. Tahap inovasi:
     - Non use              - Routine use
     - Orientation          - Refinement
     - Preparation         - Integration
     - Mecanical use     - Renewal

2.2. Tahap: - Diagnosis
                   - Application
                   - Evaluation
2.3. Tahap: - Trusting me: being who I am
                   - Opening: showing me
                   - Realization: doing what I whant
                   - Interdependence: being with you












4. Model Pengembangan Kur.

Jenis Model
Karakteristik
1. Administrative/ Line Staff Model
Gagasan, insiatif & upaya pengembangan kur datang dari atas (pemerintah), atau dari administrator pendidikan.
2. Grass-roots Model
Gagasan, insiatif & upaya pengembangan kur datang dari bawah, sekolah dan guru-guru.
3. Demonstration Model
Bersifat grass-roots, beberapa sekolah/guru mengadakan penyempurnaan kurikulum/komponen kuriukulum
4. Beauchamp’s Model
Lima langkah pengembangan: menentukan lingkup wilayah, personalia, organisasi & prosedur pengembangan, implementasi, dan evaluasi
5. Taba’s Model
Lima langkah: menyusun unit eksperimen, menguji unit eksperimen, revisi & konsolidasi, pengembangan keseluruhan kerangka kurikulum, implementasi dan evaluasi.
6. Roger’s Inverted Model
Empat langkah: penentuan sasaran pendidikan, partisipasi guru dalam pengalaman kelompok, pengembangan pengalaman kelompok intensif dlm satu kelas/mata pelajaran, partisipasi orang tua dlm kegiatan kelompok.
7. Systematic Action Research Model
Dua langkah: kajian ttg masalah kurikulum dan rencana untuk mengatasinya, implementasi dari rencana tsb.
8. Emerging Technical Models
Perkembangan model kur berbasis teknologi: behavior analysis, system analysis, computer base.








5. Model Pengelolaan

Jenis Model
Karakteristik
Centralized Curr. Management
1.  Kur. disusun dan dikelola oleh pusat
2.  Kur. nasional berlaku untuk seluruh wilayah, sekolah
3.  Kur. seragam baik tujuan, isi, pembelajaran, maupun evaluasinya
4.  Kalender pengajaran seragam
5.  Ujian bersifat nasional
Decentralized Curr. Management
1.  Kur. disusun dan dikelola oleh daerah (kota/kab/kecamatan/sekolah)
2.  Kur. daerah/lokal/sekolah yang berlaku di daerah/sekolah tsb
3.  Kur. beragam: tujuan, isi, pembelajaran, evaluasi disesuaikan kebutuhan kondisi, karakteristik, perkembangan setempat
4.  Kalender pengajaran beragam
5.  Ujian bersifat daerah/lokal/sekolah


6. Model Evaluasi

Jenis Model
Karakteristik
Discrepancy Evaluation Model
Membandingkan pelaksanaan dengan standar:
§  Desain program: input, proses, output
§  Pelaksanaan program
§  Hasil program: sementara-final
§  Biaya
Contingency- Congruence Model
1.  Menilai kesesuaian antara rancangan, pelaksanaan dan hasil ideal dengan yang nyata/teramati
2.  Menilai contingensi (hal-hal yang secara kebetulan muncul) antara rancangan ideal terhadap pelaksanaan ideal, dan terhadap hasil ideal
3.  Menilai contingensi antara rancangan nyata terhadap pelaksanaan nyata, dan terhadap hasil nyata
CIPP Model
Penilaian dengan mendasarkan komponen:
1.   Context (faktor-faktor eksternal)
2.   Input (siswa, desain, guru, sarana, fasilitas)
3.   Process (pengajaran, pembimbingan, pelatihan)
4.   Product (pengetahuan, kemampuan, sikap lulusan)
EPIC Model
Evaluation Program for Innovation Curriculum (EPIC), dengan menilai:
1.  Behavior: cognitive, affective, psychomotor.
2.  Instruction: organization, content, methods, facilities, cost.
3.  Institution: student, teacher, adminsitration, education specialist, family, community.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar